Waktu dan Umur


Kabut
Sengajakah Engkau
Mewakili pikiranku
Pekat
Hitam berarak
Menyelimuti matahari
Aku dan semua yang ada di sekelilingku
Merangkak menggapai dalam kelam

Mendung benarkah pertanda akan segera turun hujan
imagesDeras agar semua basah yang ada di muka bumi
Siramilah juga jiwa kami semua
Yang tengah dirundung kegalauan

Roda jaman menggilas kita
Terseret tertatih-tatih
Sungguh hidup terus diburu berpacu dengan waktu

Tak ada yang dapat menolong selain yang di sana
Tak ada yang dapat membantu selain yang di sana
Dialah Tuhan
Dialah Tuhan

[Menjaring Matahari, Ebiet G. Ade]

——————————————————————————————————-

Bergulirnya waktu dari detik ke menit, dari menit ke jam, dari jam ke hari, dari hari ke minggu, dari minggu ke bulan dan dari bulan ke tahun terasa seperti mimpi saja, begitu bangun ternyata sudah berada pada bilangan umur yang ke sekian. Oh Alloh, amalan apa sajakah yang sudah hamba lakukan selama ini? Apakah Engkau ridho dengan amalan hamba? Atau justru amalan hamba menjadi beban bagi Bumi-Mu yang memang sudah teramat berat menanggung semua yang dipikulnya? Astaghfirullooh hal ‘adziim, hamba mohon ampun kepada Engkau yang Maha Agung….

Teringat tausiyah pada acara Dauroh Tarqiyah, ahad pagi tanggal 13 Oktober 2013 yang disampaikan oleh Ust. Syakir Purnomo bahwa,

UMUR itu seperti BATU ES, dipakai atau tidak, ia akan MENCAIR. Begitu juga dengan UMUR Di-MANFAATKAN atau TIDAK, umur kita akan terus BERTAMBAH. Itu artinya JATAH HIDUP akan terus BERKURANG. Karena itu, selagi kita masih HIDUP, lakukanlah KEBAIKAN sebanyak mungkin. Karena KEBAIKAN akan berbuah KEBAIKAN. Dan akan ada KEHIDUPAN yang lebih ABADI sesudah kehidupan dunia ini

Aduhai, waktu dan umur layaknya sepasang sejati yang selalu bergandengan satu sama lain, tidak bisa dipisahkan dan akan terus bergandengan hingga manusia pun ditanya mengenai pertanggungjawabannya akan hal ini di yaumil akhir kelak.

tumbuhWaktu, kaulah saksi seluruh rangkaian proses, perbuatan maupun keadaan yang terjadi pada manusia dan sepanjang itulah kau berakumulasi menjadi bilangan Umur. Sifatmu yang cepat berlalu dan tidak dapat dikembalikan mampu membuat manusia menjadikan kau sebagai asset yang begitu berharga dibanding apapun. Menengok sekilas pasanganmu yaitu umur yang telah lewat sepanjang masa kehidupan, maka akan didapati bahwa umur begitu ringkas -betapapun lamanya- seolah-olah ia hanya sekejap saja. Ketika ajal menjemput pun demikian, tahun-tahun dan dekade-dekade kehidupan seorang manusia akan diringkas sehingga seakan-akan hanya sedikit kesempatan yang lewat begitu saja, seperti lintasan kilat.

Alloh berfirman dalam Al Qur’an,

Tiap-tiap umat mempunyai batas waktu, maka apabila telah datang waktunya mereka tidak dapat mengundurkannya barang sesaat pun dan tidak dapat (pula) memajukannya. (Al-A’raaf: 34)

Demi masa. Sesungguhnya manusia benar-benar dalam kerugian. kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran. (Al ‘Ashr: 1-3)

Pada hari mereka melihat azab yang diancamkan kepada mereka, mereka merasa seakan-akan tidak tinggal di dunia melainkan sesaat pada siang hari. (QS. al-Ahqaf: 35)

Dari Mu’adz bin Jabal radiyallohu ‘anhu bahwasanya Nabi Shollallohu ‘alaihi wa salam bersabda,

Kedua telapak kaki seorang hamba tidak akan bergeser dari tempatnya pada hari kiamat sehingga ia ditanya tentang empat perkara ; umurnya untuk apa ia habiskan, masa mudanya untuk apa ia pergunakan, hartanya dari mana ia dapatkan dan ke mana ia belanjakan, dan perbuatannya apa yang telah ia kerjakan. (H.R. At-Thabrani dengan sanad shahih)

Imam Hasan Al-Bashri berkata,

Wahai anak Adam, engkau hanyalah (kumpulan) hari-hari yang bisa dihitung. Setiapkali satu hari berlalu, setiapkali itu pula sebagian dirimu berlalu. Jika sebagian telah berlalu, maka keseluruhannya hampir tiba masanya untuk berlalu.

Tidaklah ada satu hari pun di mana fajar merekah, kecuali si hari berseru, “Wahai anak Adam, aku adalah makhluk yang baru, dan menjadi saksi atas perbuatanmu. Maka ambillah bekal dariku, karena aku tidak akan pernah kembali sampai hari kiamat kelak

Dan oleh karenanya, kehidupan yang terus diburu sang waktu mengharuskan manusia untuk dapat mengelola waktu dengan sebaik-baiknya. Apalagi di tengah zaman yang terus bergerak, menggeliat ke arah perubahan yang begitu cepat, tak ada yang bisa menolong manusia melainkan hanya Alloh Ta’ala semata.

416897_128724130586421_100003465055006_119165_1319823972_n1 - Copy

416897_128724130586421_100003465055006_119165_1319823972_n1

doa-menghindari-kemalasan“Ya Alloh, aku berlindung kepada-Mu dari rasa susah dan sedih, aku berlindung kepada-Mu dari rasa lemah dan malas, aku berlindung kepada-Mu dari sifat pengecut dan kikir dan aku berlindung kepada-Mu dari lilitan hutang dan tekanan orang lain”.

Waalloohu a’lam bish showwab

————————————————————————————————————————–

Bila masih mungkin kita menorehkan batin
Atas nama jiwa dan hati tulus ikhlas
Mumpung masih ada kesempatan buat kita
Mengumpulkan bekal perjalanan abadi

bonus timeKita pasti ingat tragedi yang memilukan
Kenapa harus mereka yang tertimbun tanah
Tentu ada hikmah yang harus kita petik
Atas nama jiwa mari heningkan cipta

Kita mesti bersyukur bahwa kita masih diberi waktu
Entah sampai kapan tak ada yang bakal dapat menghitung
Hanya atas kasihNya, hanya atas kehendakNya kita masih bertemu matahari
Kepada rumpun ilalang kepada bintang gemintang

Kita dapat mencoba meminjam catatanNya
Sampai kapankah gerangan
Waktu yang masih tersisa
Semuanya menggeleng, semuanya terdiam, semuanya menjawab tak mengerti
Yang terbaik hanyalah segera bersujud mumpung kita masih di beri waktu

[Masih Ada Waktu, Ebiet G. Ade]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s