DBMS (Database Management System)


Menurut Kristanto (2009:3) mengemukakan bahwa “Kumpulan file yang saling berkaitan bersama dengan program untuk pengelolaannya disebut sebagai DBMS”. Satu Database Management System (DBMS) berisi satu koleksi data yang saling berelasi dan satu set program untuk mengakses data tersebut. Jadi, pada dasarnya “DBMS terdiri dari database dan set program pengelola untuk menambah data, menghapus data, mengambil dan membaca data” menurut Kristanto (2009:1).

 

Berikut ini adalah istilah-istilah yang sering digunakan dalam Database Management System (DBMS) menurut Kristanto (2009:2) antara lain:

1. Entity

 Orang, tempat, kejadian atau konsep yang informasinya direkam.

2. Atribute

Setiap entity mempunyai atribut atau sebutan untuk mewakili suatu entity.

3. Data Value

Data aktual atau informasi yang disimpan pada tiap data elemen atau atribut.

4. Record/Tuple

Kumpulan elemen-elemen yang saling berkaitan menginformasikan tentang suatu entity secara lengkap.

5. File

Kumpulan record-record sejenis yang mempunyai panjang elemen dan atribut yang sama, namun berbeda-beda data valuenya.

6. Database

Kumpulan file-file yang mempunyai kaitan antara satu file dengan file yang lain se0hingga membentuk satu bangunan data dalam batasan tertentu.

Struktur dari suatu database menurut Hartono (2004:714) terdiri dari:

1. Karakter (Character)

Karakter merupakan bagian data yang terkecil, dapat berupa karakter numerik, huruf ataupun karakter-karakter khusus (special characters) yang membentuk suatu item data.

2. Field

Suatu field menggambarkan suatu atribut dari record yang menunjukkan suatu item dari data.

3. Record

Kumpulan dari field membentuk suatu record. Record menggambarkan suatu unit data individu yang tertentu. Kumpulan dari record membentuk suatu file.

4. File

File terdiri dari record-record yang menggambarkan satu kesatuan data yang sejenis.

5. Database

Kumpulan dari file membentuk suatu database.

File di dalam pemrosesan aplikasi dapat dikategorikan ke dalam beberapa tipe tergantung dari kegunaannya, menurut Hartono (2004:716) sebagai berikut:

  1. File Induk (Master File)

File ini merupakan file yang penting karena berisi record-record yang sangat perlu di dalam organisasi. File ini akan tetap terus ada selama hidup dari sistem. File induk dapat dikategorikan lagi menjadi:

2. File Induk Acuan (Reference Master File)

File induk yang recordnya relatif statis, jarang berubah nilainya, misalnya adalah file daftar gaji dan file daftar matakuliah.

3. File Induk Dinamik (Dynamic Master File)

File induk yang nilai dari record-recordnya sering berubah atau sering dimutakhirkan (up-dated) sebagai hasil dari suatu transaksi, misalnya adalah file induk data barang yang setiap saat field unitnya harus dimutahirkan bila terjadi transaksi.

4. File Transaksi (Transaction File)

File transaksi disebut juga dengan nama input file. File ini digunakan untuk merekam data hasil dari transaksi yang terjadi. Contoh dari file ini adalah file penjualan yang berisi data hasil transaksi penjualan.

5. File Laporan (Report File)

File ini disebut juga dengan nama output file, yaitu file yang berisi informasi yang akan ditampilkan. Isi dari file ini biasanya diambil dari field di satu atau lebih master file untuk mempersiapkan pembuatan laporan.

6. File Sejarah (History File)

File ini disebut juga dengan nama file arsip (archival file), merupakan file yang berisi data masa lalu yang sudah tidak aktif lagi tetapi masih disimpan sebagai arsip.

7. File Pelindung (Backup File)

File pelindung merupakan salinan dari file-file yang masih aktif di dalam database pada suatu saat tertentu. File ini digunakan sebagai pelindung atau cadangan bila file database yang aktif mengalami kerusakan atau hilang.

Organisasi file dihubungkan dengan pengaturan dari record di dalam file secara fisik pada media simpanan luar. File dapat diorganisasikan secara urut (sequential organization) atau secara acak (random organization). Pengaksesan file dihubungkan dengan prosedur atau metode yang digunakan untuk mengakses record dari media simpanannya. Pengaksesan file dapat dilakukan secara urut (sequential access) atau secara langsung (direct access).

Walaupun organisasi file dan pengaksesan file dapat dipandang secara terpisah, tetapi menurut Hartono (2004:717) biasanya pembahasan mengenai organisasi file menyangkut keduanya antara lain:

  1. File urut (sequential file), merupakan file dengan organisasi urut (sequential access).
  2. File urut berindeks (indexed sequential file), merupakan file dengan organisasi urut (sequential organization) dengan pengkasesan secara langsung (direct access).
  3. File akses langsung (direct access file), merupakan file dengan organisasi acak (random organization) dengan pengaksesan secara langsung (direct access).

Keuntungan sistem database menurut Marlinda (2004:4) adalah:

  1. Mengurangi kerangkapan data, yaitu data yang sama disimpan dalam berkas data yang berbeda-beda sehingga update dilakukan berulang-ulang.
  2. Mencegah ketidakkonsistenan.
  3. Keamanan data dapat terjaga, yaitu data dapat dilindungi dari pemakai yang tidak berwenang.
  4. Integritas dapat dipertahankan.
  5. Data dapat dipergunakan bersama-sama.
  6. Menyediakan recovery.
  7. Memudahkan penerapan standarisasi.
  8. Data bersifat mandiri (data independence).
  9. Keterpaduan data terjaga, memelihara keterpaduan data berarti data harus akurat. Hal ini sangat erat hubungannya dengan pengontrolan kerangkapan data dan pemeliharaan keselarasan data.

Kerugian sistem database menurut Marlinda (2004:4) adalah:

  1. Diperlukan tempat penyimpanan yang besar.
  2. Diperlukan tenaga yang terampil dalam mengelola data.
  3. Perangkat lunaknya mahal.
  4. Kerusakan di sistem database dapat mempengaruhi departemen yang terkait.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s