Study Literature


Study literature (kajian pustaka) merupakan penelusuran literatur yang bersumber dari buku, media, pakar ataupun dari hasil penelitian orang lain yang bertujuan untuk menyusun dasar teori yang kita gunakan dalam melakukan penelitian.

Salah satu sumber acuan di mana peneliti dapat menggunakannya sebagai penunjuk informasi dalam menelusuri bahan bacaan adalah dengan menggunakan buku referensi. Referensi berasal dari bahasa inggris reference yg berarti “menunjuk pada”. Buku-buku referensi ini dapat berisi uraian singkat atau penunjukan nama dari bacaan tertentu. Bahan dari buku referensi tidaklah untuk dibaca dari halaman pertama sampai tamat, hanya bagian yang penting dan yang diinginkan saja

Buku-buku referensi yang ada di perpustakaan dapat dibagi menjadi dua jenis, yakni:

  1. Referensi yang memberikan informasi langsung.

Contoh: kamus, ensiklopedia, buku statistik.

2.  Referensi yang memberikan petunjuk pada sumber informasi.

Contoh: buku-buku bibliografi, jurnal indeks, jurnal abstrak.

Dalam penelitian ilmiah selain dari buku referensi digunakan juga sumber bacaan lain sebagai berikut :

  • Buku teks

Merupakan tulisan ilmiah yg dijilid rapi yg diterbitkan dengan  interval yang tidak tentu. Buku teks berkenaan dengan suatu bidang ilmu yg isinya menyeluruh dan biasanya digunakan sebagai buku wajib dalam mata kuliah tertentu.

Contoh : Pengantar Ilmu Komputer, karangan … Diterbitkan oleh Puslit Informatika LIPI, Jakarta 2000.

  • Jurnal

Merupakan majalah ilmiah yang berisi tulisan ilmiah atau hasil-hasil seminar yg diterbitkan oleh Himpunan Profesi Ilmiah. Biasanya terbit sekali tiga bulan atau 3 – 4 jilid setahun.

Contoh:

–         Journal of Computer Science, diterbitkan oleh IEEE.

–         Journal of Informatics, diterbitkan oleh Masyarakat Telematika Indonesia

Ada juga jurnal yg berisi hanya singkatan-singkatan artikel dari pengarang, antara lain sebagai berikut:

  1. Review Journal: Majalah ilmiah yang berisi artikel-artikel yg dipersingkat dalam suatu cabang pengetahuan dan diterbitkan secara berkala. Singkatan artikel tersebut bukan saja berisi ikhtisar dari hasil penemuan tetapi dimulai dari masalah termasuk metode penelitian. Contoh: Science Progress, Biological Review, Botanical Review, Quarterly Review of Biological, Economic Review
  2. Abstract Journal: Majalah ilmiah yg berisi singkatan atau ikhtisar dari artikel-artikel dari jurnal-jurnal terbaru. Artikel  singkatan berisi judul, metode serta kesimpulan. Contoh: Biological abstract (terbit sejak tahun 1926), Field Crops abstract (terbit sejak 1939), Plant Breeding abstract (terbit sejak 1930), International Abstract of Biological Sciences (terbit sejak tahun 1956).
  • Periodical

Merupakan majalah ilmiah yg diterbitkan secara berkala oleh lembaga-lembaga baik pemerintah atau swasta yg berisi hasil penelitian yg dikerjakan. Banyak periodical yang diterbitkan oleh perguruan tinggi.

Contoh :

–         Ekonomi dan Keuangan Indonesia, diterbitkan triwulanan oleh Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat, Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Jakarta.

–         Bulletin of Indonesian Economic Studies, diterbitkan oleh Institute of Pacific Studies, Australian National University, Canberra, Australia

  • Yearbook

Merupakan buku mengenai fakta-fakta, statistik ataupun membahas suatu masalah bidang ilmu yang diterbitkan oleh lembaga pemerintah atau swasta setiap tahun.

Contoh :

–         U.N Statistical Yearbook for Asia and the Far East

–         FAO Production Yearbook

  • Bulletin

Merupakan tulisan ilmiah pendek yang terbit secara berkala yang berisi catatan-catatan ilmiah ataupun petunjuk-petunjuk  ilmiah tentang satu kegiatan operasional. Biasanya dikeluarkan oleh Lembaga Negara ataupun Organisasi Profesi Ilmiah. Tiap buletin berisi satu artikel mengenai hasil penelitian yang sering disebut “Contribution”.

Contoh :

–         Buletin Informatika, diterbitkan oleh ikatasn sarjana teknik informatika indonesia no 1 tahun 2008.

–         Contribution of Central Research Institute For Agriculture, Bogor, Indonesia no. 60 tahun 1980

  • Circular

Merupakan tulisan ilmiah pendek dan praktis biasanya dikeluarkan oleh lembaga negara atau swasta seperti Universtias, lembaga riset, dinas-dinas dan sebagainya dengan interval tak tentu.

Contoh :

–         Agricultural Extension Service, University of Florida Circular. Circular no 1945, April 1962 berisi artikel “Pineaple in Florida” oleh William, H. Matheews”

  • Leaflet

Berisi karangan kecil yang sifatnya ilmiah praktis. Diterbitkan oleh lembaga-lembaga negara atau swasta dengan interval yang tidak tetap.

Contoh :

–     USDA Leaflet, dikeluarkan oleh Departemen Pertanian Amerika serikat. USDA Leaflet No. 506, Mei, 1950, memuat karangan “Wind Erosion Control on Irrigated Land” karangan Stephen J. Mech.

  • Annual Review

Berisi ulasan-ulasan tentang literatur yang telah diterbitkan selama masa setahun atau beberapa tahun yang lampau.  Dalam menggunakan Annual Review, carilah dari terbaru kemudian mundur ke jilid-jilid sebelumnya.

Contoh :

–         Annual Review of Informatics (sejak 2005)

–         Annual Review of computer science (sejak 2003) dst.

Beberapa sumber bacaan lain yang bisa dijadikan acuan antara lain:

  • Off Print

Suatu artikel ilmiah yang terlepas dari majalah atau buku teks dan dikirimkan ke perpustakaan.

  • Reprint

Artikel yang telah dimuat dalam satu majalah ilmiah dan dicetak ulang oleh penerbit secara terpisah dan diberi sampul.

  • Recent Advances

Sejenis majalah ilmiah yang berisi artikel-artikel yang tidak diperoleh dalam Review Journals.

  • Bibliografi

Buku yang berisi judul-judul artikel yang membahas bidang ilmu  tertentu.  Dalam buku tersebut diberikan judul, pengarang, tahun penerbitan, nama penerbitan serta halaman dari sumber dimana artikel tersebut dimuat.

  • Handbook

Buku kecil  yang diterbitkan oleh lembaga negara atau swasta yang biasanya berisi petunjuk-petunjuk tentang suatu masalah tertentu atau tentang suatu fenomena yang bersifat umum.

  • Manual

Buku petunjuk mengenai tata cara melakukan sesuatu secara terperinci. Biasanya mengenai suatu masalah praktis, baik dalam mengukur, malakukan maupun memakai sesuatu secara benar.

11 responses to “Study Literature

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s