Memelihara Kesehatan & Kecantikan Kaki


“ATH-THAHURU SYATHRUL IIMAN (KEBERSIHAN SEBAGIAN DARI IMAN)”

Hadist tersebut sudah terdengar akrab di telinga kita. Islam, agama yang sempurna dan menyeluruh, memperhatikan aspek kesehatan dan kebersihan tubuh secara keseluruhan. Dari ujung rambut sampai ujung kaki.

Biasanya bagian tubuh yang paling jarang kita perhatikan adalah kaki. Padahal kaki juga merupakan bagian tubuh yang penting. Kaki sebagai penopang tubuh selalu setia mengantar kita, kemana pun pergi. Oleh karena itu kaki merupakan aset untuk beramal shalih yang harus benar-benar kita pelihara kebersihan dan kesehatannya. Kaki yan gtak dirawat dengan baik akan mengalami bermacam-macam gangguan. Misalnya radang pada ibu jari yang tak tertahankan sakit dan baunya. Atau pengerasan di beberapa bagian (kapalan). Juga pelepuhan yang menimbulkan rasa nyeri.

Berikut ini langkah-langkah memelihara kesehatan kaki:

  • Potonglah kuku kaki bila bentuknya mulai menyerupai cakar. Jangan potong membulat, datar saja. Ujung kuku yang bulat akan menghambat pertumbuhan kuku dan menimbulkan rasa sakit. Ratakan kuku yang sudah dipotong sampai benar-benar rapi. Rasululloh teladan kita, memerintahkan untuk memotong kuku setiap hari Jumat.
  • Lepaskan sepatu Anda, bila kaki terasa gatal dan sakit. Itu tandanya Anda terlalu lama berjalan dengan menggunakan sepatu. Atau mungkin pula sepatu yang digunakan tidak cocok ukurannya. Biarkan kaki Anda bernafas dengan leluasa selama beberapa saat.
  • Ketika kaki Anda terasa letih rendamlah dalam wadah berisi air hangat yang diberi campuran sedikit garam. Lakukan proses seperti ini terutama ketika hendak tidur.
  • Jangan menggunakan sepatu yang berhak terlalu tinggi. Sepatu macam ini membuat pemakainya memiliki postur tubuh yang tidak natural. Selain itu menyebabkan Anda terserang sakit punggung dan otot-otot pun terlalu lelah.
  • Jangan berjalan-jalan di pantai atau tanah dengan tak menggunakan alas kaki. Kelihatannya memang tak berbahaya. Tapi sebenarnya, tanpa terlihat dengan mata telanjang, banyak bakteri, kutu binatang atau cacing tanah. Bila kuman-kuman tersebut masuk ke dalam tubuh, Anda akan menderita infeksi jamur, atau penyakit kaki lainnya.
  • Rajin menggosok kaki. Hal ini bermanfaat untuk meratakan daerah-daerah yang kasar, juga untuk mengkilapkan kulit kaki. Caranya dengan menutup kaki memakai kain halus yang berbulu. Lalu oleskan obat penggosok di kaki dan ratakan dengan kain halus tadi. Lakukan secara teratur setelah mandi.
  • Gunakan batu apung untuk meratakan bagian kulit yang mengalami pengerasan. Sesudahnya oleskan krim pelembab.
  • Jangan biarkan sepatu berbau apek. Selipkan sandalan sepatu yang sudah diharumkan pada sepatu yang sedang tak di gunakan. Pengharum sepatu bisa berupa minyak wangi atau sekedar bedak tabur.
  • Setelah mendapat perawatan yang disarankan di atas, Insya Alloh kaki Anda akan menjadi bersih, sehat dan kuat. Sehingga dapat diajak beramal shalih lebih banyak. Dan pahala pun mengalir deras.

    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s